Pengertian dan Azaz Supervisi Pendidikan

Supervisi adalah upaya yang dilakukan oleh seorang atasan kepada seorang bawahan untuk membantu memecahkan masalah-masalah dalam suatu pekerjaan. Dalam lingkup pendidikan supervisi dilakukan oleh Kepala Sekolah kepada guru serta siswa dalam rangka membantu memecahkan masalah yang dihadapi guru dan siswa. Supervisi harus dilakukan secara sistimatik, demokratik, kooperatif dan bertujuan.
Supervisi dalam dunia pendidikan untuk membantu tenaga pendidik agar lebih meningkatkan kinerja yang profesional. Supervisor tugasnya adalah melihat, menilik dan mengawasi orang yang disupervisi agar lebih maju dalam melaksanakan tugas pokoknya, yaitu memperbaiki atau meningkatkan proses belajar murid, untuk mencapai hasil belajar maksimal
Hakikat supervisi pendidikan merupakan kegiatan-kegiatan
  • Inspeksi (pengawasan) mencari kesalahan, seorang guru atau kepala sekolah hal ini kurang disukai
  • Penilikan dan pengawasan – Tidak semata-mata mencari kesalahan akan tetapi juga memperhatikan hal yang sudah dianggap baik untuk dilanjutkan pengembangannya
  • Monitoring (memantau) kegiatan untuk mengumpulkan data pelaksanaan suatu program sebagai bahan penilaian
  • Evaluasi yaitu kegiatan untuk membandingkan suatu objek dengan kriteria yang sudah ditetapkan
Guru memerlukan supervisi pendidikan sebagai bahan untuk lebih meningkatkan kinerjanya, untuk mengetahui kekurangan dan berusaha untuk memperbaikinya, Untuk meningkatkan profesional guru sehingga mutu pendidikan meningkat, Mengukur sejauh mana keberhasilan yang sudah dicapai guru.
Supervisi yang diperlukan guru meliputi dua aspek yaitu :
  • Supervisi Akademis yang menitikberatkan pada pengamatan supervisi terhadap kegiatan akademis
  • Supervisi managerial menitik beratkan pada aspek pengelolaan dan administrasi sekolah sebagai pendudukung pembelajaran
Seorang kepala sekolah dalam menciptakan suatu iklim pertumbuhan profesional melalui supervisi pendidikan
  • Kepemimpinan demokrasi
  • Menunjukkan kekurangan kinerja guru mencari (mengarahkan upaya memperbaiki kekurangan)
  • Membina kerjasama dengan baik
  • Memberi kesempatan untuk mengembangkan air agar lebih profesional
  • Memutuskan suatu masalah secara profesional, melalui kerja sama yang baik
Contoh kongkrit layanan profesional supervisi pendidikan melalui salah satu bidang studi
  • Mengawasi pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar
  • Kesesuaian tujuan dengan metode yang dipilih media yang tepat
  • Cara penyampaian materi
  • Hasil yang dicapai
  • Menilai pelaksanaan KBM yang dilakukan guru dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi
  • Mengkoreksi kesalahan yang dilakukan guru
  • Mengarahkan guru secara profesional
Prinsip Supervisi Pendidikan
  • Prinsip Ilmiah
  • Supervisi dilaksanakan berdasarkan data objektif
  • Diperlukan perekam data
  • Supervisi dilaksanakan sistimasi, berencana dan kontinu
Prinsip Demokrasi
Supervisi yang dilakukan berdasarkan hubungan yang akrab untuk menciptakan rasa aman dalam menjalankan tugasnya
Prinsip Kerjasama
Memberi support, mendorong, menstimulasi guru, sehingga mereka merasa tumbuh bersama
Prinsip Konstruktif dan Kreatif
Setiap guru merasa termotivasi dalam mengembangkan potensi kreativitas, menciptakan suasana kerja yang menyenangkan bukan menakutkan
Indikator Supervisi yang mempertimbangkan prinsip positif adalah supervisi yang berprinsip demokrasi dan kooperatif artinya supervisi :
  • Tidak otoriter
  • Tidak mencari kesalahan guru
  • Tidak bertindak sebagai inspektur
  • Tidak menganggap dirinya lebih tinggi
  • Tidak boleh memperhatikan hal-hal yang kecil saat mengajar
  • Tidak boleh lekas kecewa
Supervisi mempertimbangkan prinsip negatif artinya supervisor :
  • Mudah kecewa
  • Merasa lebih tinggi
  • Bertindak sebagai inspektur
  • Mencari kesalahan
  • Otoriter
Azas-Azas Pelaksanaan Supervisi Pendidikan
Supervisi pendidikan adalah
Bagian terpadu dari program pendidikan
  • Memperlakukan manusi seutuhnya baik secara individual sosial, atau sebagai makhluk Tuhan
  • Bertujuan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional
  • Dilaksanakan secara musyawarah, saling menghormati, mengeluarkan pendapat, menghargai pendapat orang lain
  • Memperlihatkan kesejahteraan pegawai pendidik baik pemenuhan perorangan dan sosial
  • Dilaksanakan oleh guru yang sudah mendapat pendidikan dan latihan supervisi
Upaya-upaya yang baik yang dilakukan pengawas dalam pelaksanaan supervisi pendidikan adalah :
  • Menciptakan kenyanaman bagi orang yang disupervisi
  • Bukan untuk mencari kesalahan, menghargai setiap potensi dari orang yang disupervisi
  • Memberi bantuan dalam memecahkan suatu masalah
  • Bertindak objektif, demokratif dan kooperatif
  • Jika ada kekurangan dari orang yang disupervisi, memberikan motivasi dan mengarahkan dengan musyawarah.
Pelaksanaan supervisi harus berlandaskan pada pedoman pelaksanaan supervisi pendidikan sebab kalau tidak berdasarkan pada pedoman pelaksanaan supervisi pendidikan akan terjadi penyimpangan dari maksud dan tujuan supervisi pendidikan
Pedoman pelaksanaan supervisi pendidikan diantaranya adalah :
  • Tujuan Supervisi Pendidikan
  • Prinsip-prinsip Supervisi Pendidikan
  • Azas-azas Supervisi Pendidikan

Penulis : I.F ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengertian dan Azaz Supervisi Pendidikan ini dipublish oleh I.F pada hari Rabu, 29 Februari 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pengertian dan Azaz Supervisi Pendidikan
 
Reactions: 

0 comments:

Poskan Komentar